Pengkajian, Perkembangan, dan Fenomena Seni Rupa

Pengkajian, Perkembangan, dan Fenomena Seni Rupa.

 1. Pengkajian seni rupa

      Menurut dimensinya, karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yaitu karya seni dua dimensi dan tiga dimensi.

  • Seni rupa dua dimensi (dwimatra)
 seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar saja.contoh: seni lukis, grafis, spanduk, poster, stiker, batik, mozaik, relief, lukisan kaca, dan sablon.

contoh gambar 2 dimensi grafis. https://fokussatu.com/gambar-2-dimensi/

  • Seni rupa tiga dimensi (trimarta)

 seni rupa tiga dimensi yang memiliki panjang, lebar, tinggi serta memiliki kesan ruang, bentuk, dan volume.
contoh: seni patung, seni arsitektur, seni kriya, seni keramik, diorama, bonsai.

contoh gambar 3 dimensi kriya. https://fokussatu.com/gambar-2-dimensi/

   Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

  • Seni rupa murni (fine art)
Seni rupa murni adalah karya seni yang hanya untuk dinikmati nilai keindahannya saja. karya seni ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan batiniah.contoh seni rupa murni banyak ditemukan pada cabang seni grafika, seni lukis, dan seni patung.
fine art (patung) https://i1.wp.com/warganet.net/wp-content/uploads/2018/04/seni-rupa-murni-patung.jpg?resize=768%2C576&ssl=1

  • Seni rupa terapan (applied art)
seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang memiliki nilai kegunaan (fungsional) sekaligus memiliki nilai seni. karya seni ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau kebutuhan sehari-hari secara material. contohnya furnitur, tekstil, dan keramik, gerabah, anyaman.
http://lh3.googleusercontent.com/-Cp8RPh8fUs8/VcwIo1-qbWI/AAAAAAAAMxY/FKaiPjl2G_8/gerabah%25255B3%25255D.jpg?imgmax=800

 2. Perkembangan dan fenomena seni rupa.

  • Seni rupa pramodern
Seni rupa pramodern adalah seni rupa yang dihasilkan sebelum zaman modern atau zaman kuno. Berikut akan disampaikan aliran-aliran seni rupa hingga saat ini.

1) Primitivisme2) Naturalisme
3) Realisme
4) Surealisme
5) Seni rupa dekorativisme


  • Seni rupa modern
Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa. seni rupa modern adalah suatu karya seni rupa yang merupakan hasil kreativitas untuk menciptakan karya yang baru atau dengan kata kain karya seni rupa pembaruan.

 1) Seni pop 

Seni pop atau Pop art adalah  berasal dari istilah Popular Culture, yaitu sebuah ungkapan untuk menggambarkan sebuah budaya yang lebih berkaitan dengan hiburan, komersial, dan sifatnya non formal.

Seni pop adalah suatu gerakan dalam seni modern yang meniru metode, gaya, dan tema dari budaya populer dan media massa, seperti komik, iklan, dan fiksi ilmiah. Seni pop mendasarkan kepada penonton yang luas dan  merupakan bentuk perluasan subjek seni yang berasal dari (kemasan) desainer grafik kemasan, tanda, billboard dan iklan.

Budaya pop tumbuh dari pertemuan beberapa kecenderungan dan kondisi sosial ekonomi pada masyarakat. Seni pop marak muncul pada tahun 1950-an. Budaya seni pop munculnya ditandai dengan tidak adanya pengangguran, makinmeningkatnya kesejahteraan masyarakat, gaya hidup konsumtif, dan longgarnya struktur kelas dalam masyarakat. Berubahnya pandangan dan kesejahteraan kaum muda dan beserta budaya protesnya, pengalaman dan kepekaan dalam kehidupan sehari-hari.

https://www.dinamikabelajar.com/2015/08/pengertian-seni-pop-pop-art.html

2) Seni optik

Seni optik (optical art) adalah gaya seni visual yang menggunakan ilusi optikal. Dalam seni lukis seni optik adalah metode melukis yang memperhatikan interaksi antara ilusi dan menggabungkan pemahaman dan  penglihatan. Seni optik bersifat abstrak, kebanyakan berbentuk potongan yang hanya dibuat dengan warna hitam putih. Ketika orang melihat karya ilusi optikal maka akan memberikan sebuah impresi pergerakan, benda yang tersembunyi, getaran, atau pola tertentu.

Ciri-ciri seni optik adalah:
  • Karya seni op art boleh mengelirukan pandangan mata
  • Kebanyakan berbentuk geometrik
  • Pemilihan garisan, warna dan bentuk dilakukan dengan berhati-hati untuk mendapat kesan yang maksimum
Tokoh seni optik adalah M.C Escher, Ia adalah seniman grafik dari belanda . Pada tahun 1930 dia membuat karya seni Litografi yang dia buat di Italia Karya Escher merupakan pengolahan yang mendasar antara ruang dan prespektif yang sangat unik dengan bentuk-bentuk yang mendetail. Karya Escher waktu itu berbentuk figur dan latar dengan melalui pengolahan bentuk ground dan langit menjadi bentuk burung yang tepat dan sempurna.
https://www.dinamikabelajar.com/2015/08/pengertian-seni-optik-optical-art.html
contoh seni optik. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicTmpyHj4o76bLBOM15StfQ3FhRNheQZIDqg-EZKk51Iv-lzNZwm_yyTs0PzEUvYV6tmWJKwBiPoA7T3RX4qfd9f5Ut7YlT9KDK5G_wJIPWNZeXD9T0HOHw3PqgYApRfHqofJtTStRuLA/s1600/seni+optik.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Pameran suatu kegiatan.

Pameran Seni Rupa (Pengertian, Fungsi, Jenis Pameran Dan Manfaat)